Arsip Blog

Kamis, 21 Juni 2012

The Ting Tings: Sounds From Nowhereville, Variatif Genre



Album The Ting Tings: Sounds From Nowhereville

Ghiboo.com - Butuh waktu empat tahun bagi penggemar The Ting Tings untuk bisa menikmati album terbaru. Pasalnya, setelah sukses dengan album We Wanted Nothing pada tahun 2008, duet Katie White dan Jules de Martino sempat tidak ada kabarnya.

Kini, album sophomore The Ting Tings yang ditunggu-tunggu tersebut sudah dirilis sejak Febuari 2012, dengan judul Sounds From Nowhereville. Album yang terinspirasi album Paul's Boutique dari Beastie Boys ini berisi 10 lagu andalan. 

Entah apa alasan Katie dan Jules memilih "Silence"  menjadi lagu pembuka di album Sounds From Nowheresville. Pasalnya, Silence menampilkan jenis musik yang tidak identik dengan The Ting Tings.

Silence mengusung nuansa musik dark dengan tempo medium, namun masih didominasi balutan synthesizer. Meski berusaha ingin angkat kaki dari musik biasanya, lagu Silence cukup menghipnotis untuk didengarkan.

Di nomor lagu kedua, lewat lagu Hit Me Down Sonny, The Ting Tings kembali menunjukkan jati diri musiknya. Terutama mengingatkan kita kembali asyiknya lagu "That's Not My Name" yang sukses di album We Started Nothing. Dimeriahkan ansambel lonceng yang statis, dipadukan dengan semangat aliran musik post-punk plus dan elekro-pop, menjadi paket sempurna untuk lagu Hit Me Down Sonny.

Lagu Hang It Up yang menjadi single pertama di album terbaru The Ting Tings mengisi di track ke-3. Lagu Hang It Up memang pantas dipilih sebagai single yang dijagoin duo Katie dan Jules. Karena, Hang It Up dibuka dengan intro gitar rock yang kental dipadukan gebukan drum yang powerfull, membuat lagu ini seakan-akan menghujam pendengarnya.

Kesan rock tidak hanya ditampilkan di lagu Hang It Up, namun di nomor lagu berikutnya, Give It Back dan Guggenheim. Kedua lagu ini masih didominasi distorsi gitar dan drum yang cadas. Secara vokal pun, Katie masih menunjukkan kesan slengeannya, bagaimana selama ini The Ting Tings dikenal.

Kembalinya band yang berdiri pada tahun 2007 ini berusaha menampilkan sisi musik beda. Dengarkan saja lagu di track ke-6 berjudul Soul Killer. The Ting Tings beralih ke genre musik regae, namun tidak meninggalkan unsur synthesizer didalamnya. Mendengarkan lagu ini, sudah pasti kepala pendengar akan dibuat mengaguk-aguk dengan musik yang santai tapi asyik.

Masih penasaran dengan isi materi di album Sounds From Nowheresville? Simak saja di lagu One By One. Kali ini The Ting Tings mengambil jalur musik yang berbeda lagi, dengan mengusung musik synth-pop era 80-an atau kedengarannya mirip dengan disko jadul.

Sisi melow dan pop berusaha ditampilkan The Ting Tings di nomor lagu berjudul Day To Day. Namun tetap saja, unsur elektro-pop tidak begitu saja ditinggalkan. Dalam lagu berdurasi 3:34 ini Katie membuktikan kalau dia tidak selamanya slengean, tapi bisa bernyanyi dengan manis.

Di tujuh lagu teratas, terlihat The Ting Tings memang sengaja membuat pendengar musiknya penasaran, dengan musik-musik yang semarak dan semangat. Namun, The Ting Tings juga pintar memilih lagu sebagai penutup album. Lagu berjudul Help dan In Your Life terasa sangat pas menjadi penutup. Terutama pada lagu In Your Life, lagu diisi dengan cello, membawa pendengar pada ketenangan.

Overall, The Ting Tings memang berusaha menampilkan musik yang lebih bervariatif dan berbeda dari album sebelumnya dan ingin lepas dari musik mainstream. Walaupun tidak mudah untuk mencernanya, setidaknya album Sounds From Nowheresville menjadi album yang wajib untuk didengar, terutama buat Anda yang ngaku pecinta The Ting Tings. 

Track list album SOUNDS FROM NOWHERESVILLE:
1. Silence
2. Hit Me Down Sonny
3. Hang It Up
4. Give It Back
5. Guggenheim
6. Soul Killing
7. One by One
8. Day to Day
9. Help
10. In Your Life  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

2leep

2leep.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

share